XL Axiata Dan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Jalin Kerjasama Keselamatan Lalu Lintas

25 April 2019PapiBunda

berbicara tentang keselamatan berlalu lintas merupakan hal yang sangat fundamental, karena jika kita tidak berhati-hati dalam berlalulintas akan berdampak bagi diri kita dan orang lain, bahkan bisa mengakibatkan kerugian yang sangat besar yang berujung pada hilangnya nyawa kita maupun orang lain. keselamatan lalu lintas bertujuan untuk menurunkan korban kecelakaan lalu-lintas di jalan.

kecelakaan lalu-lintas merupakan suatu kejadian di mana sebuah kendaraan bermotor tabrakan dengan benda lain dan menyebabkan kerusakan. kadang kecelakaan ini dapat mengakibatkan luka-luka bahkan kematian manusia atau binatang. kecelakaan lalu-lintas menelan korban jiwa di dunia ini sekitar 1,2 juta manusia setiap tahun menurut WHO, dimana di Indonesia berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kepolisian Indonesia mencapai angka 20.188 orang meninggal pada tahun 2018. hal inilah yang mendorong pemerintah untuk bekerja keras menyusun program dalam rangka meningkatkan keselamatan dalam berlalu lintas dengan target menurunkan angka kecelakaan.

pelanggaran terjadi karena beberapa hal diantaranya karena tidak mengetahui bahwa yang bersangkutan melanggar, tidak melihat rambu atau marka pada saat mengemudi sehingga melanggar dengan tidak sengaja tau sengaja melanggar agar lebih cepat sampai ditujuan, tidak sabaran. oleh karena itu penegakan hukum menjadi penting dalam meningkatkan keselamatan lalu lintas dan berikutnya adalah melakukan kampanye keselamatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang peraturan perundangan yang berlaku serta untuk menyadarkan masyarakat kalau mereka melakukan pelanggaran dapat berakibat fatal terhadap dirinya atau orang lain.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat selaku badan yang mengatur tentang perlalulintasan bekerjasa dengan XL Axiata, kerjasama yang dilakukan adalah sosialisasi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di kalangan pelajar. Melalui kerjasama ini, kedua pihak bahkan mendorong para pelajar sebagai pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, tidak hanya di lingkungan sekolah, namun juga di tengah masyarakat

proses seleksi peserta tahun ini dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga provinsi dan nasional, yang diikuti oleh perwakilan sekolah menengah umum dan sekolah menengah kejuruan. Hasil seleksi peserta dengan mengangkat tema “Inovasi Dalam Peningkatan Kendaraan yang Berkeselamatan” berhasil menjaring peserta sebanyak 40 orang yang merupakan perwakilan dari 22 provinsi. Para pelajar ini merupakan pelajar berprestasi yang telah lolos seleksi dan dibimbing langsung oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang kelak akan didaulat sebagai “Duta Keselamatan Berkendara” di Propinsi masing-masing.

kerjasama kemitraan antara Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan XL Axiata akan mencakup penyediaan sarana layanan digital dalam Aksi Keselamatan Transportasi Darat. Dukungan ini akan meliputi penyediaan layanan digital melalui website https://www.sisternet.co.id/modulpintar di mana di dalamnya akan ada modul e-Learn terkait informasi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan. Selain itu materi sosialisasi dan edukasi keselamatan berkendara dan berlalu-lintas juga akan dituangkan dalam bentuk artikel, kompetisi, juga kuis, baik di website maupun media sosial Sisternet.

semoga program kerjasama anata XL Axiata dengan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat yang harus dilaksanakan secara terus menerus, masyarakat harus terus diingatkan dan disegarkan kembali tentang peraturan perundangan yang terkait dengan lalu lintas dan resiko yang mereka dapatkan bila melakukan pelanggaran lalu lintas. terutama generasi muda, harus bisa menjadi contoh pengendara yang baik demi terciptanya keselamatan berlalu lintas

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: