Yuk.. Cintai Lingkungan dan Tubuhmu Melalui Kampanye Jalan Hijau

21 August 2019PapiBunda

Assalamualiakum..

Apa kabar moms ? semoga selalu sehat ya.. selamat datang kembali di tulisan yang sederhana ini, semoga membawa manfaat ya moms :). Kali ini aku akan membahas sedikit tentang isu lingkungan. Seperti yang kita tau ya moms bahwa polusi udara yang sekarang ini sudah melebihi batas normal. Duh.. ngeri-ngeri sedap gak sih, bikin kita takut keluar rumah ya moms. Salah satu penyebab polusi udara ini adalah kemacetan di kota Jakarta yang sudah gak bisa ditolerir lagi, banyaknya pengguna kendaraan bermotorlah yang menyebabkan kemacetan terjadi.

Jadi inget waktu kecil, orang yang punya kendaraan roda dua itu bisa di hitung pakai jari. Hanya orang-orang tertentu aja yang mampu membeli kendaraan roda dua atau roda empat karena jaman dulu itu kalau mau beli kendaraan diharuskan membayar cash. Gak seperti sekarang ini dengan bermodal KTP aja kita udah bisa bawa pulang kendaraan roda dua. Mungkin ini salah satu penyebabnya kenapa sekarang setiap di lampu merah pengguna kendaraan roda dua itu banyak sekali.

Keadaan udara saat ini sebenernya sudah agak mengkhawatirkan, tapi belum terlambat buat kita memperbaiki lingkungan kita. Banyak yang bisa kita lakukan buat membuat lingkungan kita sehat kembali, tentu untuk mengembalikan itu semua perlu kerja sama  dari semua pihak agar lingkungan hijau bisa kembali. Walaupun tidak mudah, tapi dengan kerja sama dan niat yang tulus pasti dapat terwujud.

Kalau Deket, Jalanin Aja !!

Untuk membuat perubahan kita bisa memulainya dari diri  sendiri, salah satu nya dengan memulai menggunakan anggkutan massal dan lanjut dengan berjalan kaki ke tempat tujuan untuk mengurangi polusi udara yang ada. Mungkin awalnya tidak mudah, tetapi kalau sudah niat pasti bisa dilakukan dengan senang hati. Seperti aksi #JalanHijau yang sedang digalakkan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan BPTJ ( Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek ).

Kampanye Jalan hijau sendiri bertujuan  mendorong semaksimal mungkin masyarakat untuk berpindah dari kendaraan pribadi (baik roda dua / empat) ke angkutan umum massal dan berjalan kaki. Yup..berjalan kaki, kegiatan yang sudah hampir ditinggalkan oleh sebagian orang. Padahal kalau kita tahu manfaat dari jalan kaki itu banyak sekali salah satunya dapat menurunkan resiko stroke 20% – 40% dan juga buat moms yang suka mentok buat dapet ide-ide cemerlang, bis ajadi salah satu penyebabnya kurang jalan kaki karena saat berjalan kaki kreativitas seseorang dapat meningkat sebanyak 60%.

Saat ini rata-rata orang Indonesia sangat minim sekali dalam berjalan kaki,  rata-rata hanya 3000 langkah/hari, padahal idealnya dalam sehari kita harus berjalan sebanyak 10.000 langkah/hari minimal 6000 langkah/hari. Tau gak moms kalau kita kurang gerak  dapat menyebabkan resiko terkena penyakit non infeksi dan menurut data Kemenkes mengalami peningkatan dari  26,1 % (2017) menjadi 33,5 % (2018). Duh.. serem banget ya moms  yuk deh kita mulai jalan kaki dari sekarang.

Kampanye Jalan Hijau

Selasa kemarin rangkaian kegiatan dari kampanye jalan hijau bertitik di lampu merah Bekasi Cyber Park, Bekasi. Para teman-teman dari Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) turun ke jalan menyampaikan pesan-pesan apresiasi kepada masyarakat yang telah melakukan kegiatan berjalan kaki dan menggunakan angkutan umum serta ajakan untuk menggunakan angkutan umum bagi mereka yang masih menggunakan kendaraan pribadi. Penyampaian pesan dilakukan baik melalui poster-poster yang dibawa oleh petugas, pembagian masker, pin, kipas maupun tumbler  yang semuanya berisi pesan-pesan  tentang berjalan kaki dan naik angkutan umum. kegiatan ini berlangsung dari tanggal 19 – 22 Agustus 2019 di Jakarta, Depok dan Bekasi.

Dengan adanya kampanye jalan hijau ini diharapkan masyarakat menjadi lebih peduli lagi tentang kesehatan dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya. Dengan kita memulai menggunakan anggukan massal dan lanjut dengan berjalan kaki kita dapat mengurangi polusi udara yang ada.  Dan kalu semua masyarakat sadar akan hal itu bukan gak mungkin Indonesia memiliki udara yang bersih dan sehat seperti di negara-negara lain.

apalagi sekarang fasilitas transportasi umum sudah mengalami banyak kemajuan, seperti kereta, transjakarta sampai MRT sudah memiliki fasilitas yang sangat nyaman dan aman tentunya. Fasilitas itu semua dibuat agar masyarakat sedikit demi sedikit mulai beralih ke transportasi massal agar isu lingkungan dan kesehatan dapat segera terselesaikan.

Gak ada ruginya loh moms kita mendukung kampanye #jalanhijau ini karena kampanye ini akan memberikan dampak yang positif  baik secara individu maupun masyarakat secara umum. Yuk.. ajak suami, anak, saudara, teman, sahabat untuk mulai beralih menggunakan transportasi massal dan berjalan kaki untuk menciptakan Indonesia yang lebih sehat lagi kedepannya.

Sampai ketemu ditulisan aku selanjutnya ya moms :).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!