Categories
Event

Pandemi hampir 2 tahun melanda Indonesia , dan selama itu pula saya mulai katagihan nonton drama Korea :). Yaap.. awalnya hanya iseng karena liat timeline di sosial media banyak sekali teman – teman yang posting tentang K – drama . Akhirnya nyoba nonton satu judul eh lama – lama ketagihan sampai sekarang heheh. Ternyata Korea itu negara yang sangat menarik setelah ditelusuri lebih dalam, bukan hanya karena dram – drama romatisnya yang bikin baper, atau boyband dan girlbandnya tetapi sejarahnya juga menarik untuk kita ketahui lebih dalam.

Tak dipungkiri banyak sekali warga negara asing yang kenal Korea Selatan lewat drama – dramanya, termasuk saya yang jadi termotivasi ingin sekali ke Korea Selatan suatu saat nanti. Korea selatan berhasil menebarkan pesonanya lewat karya – karya yang di buat oleh SDMnya serta SDA juga yang di kelola dengan baik. Dunia Entertaiment di Korea Selatan patut di acungi jempol karena maju pesat sekali, lihat saja boyband dan girlbandnya banyak yang sudah GO International. Di bidang fashion dan kecantikannya pun tak kalah maju, banyak sekali brand skincare Korea yang beredar di Indonesia yang di jadikan “kiblat” para beauty enthusias di Indonesia.

Sebenarnya banyak sekali hal positif yang bisa kita ambil Korea Selatan , kreatifitasnyas, kerja kerasnya semua bisa kita jadikan motovasi buat membangun negara kita lebih baik lagi kedepannya. Oiya.. kalian udah tau belum kalau ternyata hubungan diplomatik Indonesia dengan Korea Selatan itu sudah terjalin baik dari sejak dulu loh.. sejak masa awal pemerintahan Orde Baru tepatnya tahun 1966. Woww,, gak nyangka ya udah selama itu 🙂

Nah.. ternyata beberapa waktu lalu baru saja dilakukan pelantikan Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea yaitu Gandi Sulistiyanto atau yang akrab disapa Pak Sulis. Tepat tanggal 17 November 2021 Pak Sulis dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Pak Sulis ini mempunyai latar belakang sebagai pembisnis, sepak terjangnya di dunia bisnis sudah 39 tahun lamanya. Pak sulis merintis karirnya mulai dari nol, awalnya beliau bekerja di Astra semua pekerjaan beliau kerjakan dari mulai  mengangkut sparepart otomotif hingga akhirnya berhasil menjadi Marketing Manager berkat kerja kerasnya. Gak heran berkat kerja kerasnya dan ketekunannya sampai saat ini beliau bisa dilantik sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea.

3 Jurus Diplomatik Gandi Sulistiyanto

Saat ini produk – produk dari Korea Selatan banyak sekali yang masuk ke Indonesia dari mulai produk skincare, fashion, makanan dan lain-lain. Semoga kedepannya produk – produk dari Indonesia pun bisa merajai pasar Korea Selatan, karena produk – produk lokal Indonesia pun dapat bersaing di dunia Internasional. Tentu ini menjadi peer Pak Sulis kedepannya dalam mengemban tugasnya sebagai Dubes RI.

Pak Sulis memiliki 3 jurus diplomatik yang program – programnya patut di acungi jempol. Ini dia 3 jurus diplomasi Pak Gandi Sulistiyanto sebagai Dubes RI untuk Korea Selatan.

Ekonomi Kreatif

  • Optimalisasi Indonesian Trade Promotion Center.
  • Mengajak Korea berpartisipasi dalam proyek-proyek infrastruktur di Indonesia, salah satunya melalui Indonesia Sovereign Wealth Fund.
  • Ratifikasi Comprehensive economic partnership agreement segera ditanda tangani.
  • Meningkatkan forum bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan serta dialog tingkat tinggi mengenai kebijakan ekonomi dan pembangunan.
  • Meningkatkan kerjasama pengusaha-pengusaha muda dari 2 negara.
  • Membina para pelaku  usaha di Indonesia dan pendampingan terhadap UMKM.
  • Memfasilitasi akses pendanaan perbankan kepada produsen barang di Indonesia untuk export ke Korea Selatan.
  • UMKM Indonesia masuk dalam ekosistem supply cain perusahaan besar Korea yang berinvestasi di Indonesia.

Kebudayaan

  • Pertukaran misi budaya secara berkala dengan melibatkan institusi seni budaya.
  • Kerjasama perguruan tinggi dan berbagai lembaga dalam pengajaran  bahasa dan kebudayaan serta riset dan sejarah diplomasi antara Indonesia dan Korea
  • Proyek Seni antar seniman muda
  • Pertukaran siswa SD dan menengah serta guru Indonesia dan Korea

Green Energi

  • Investasi dari perusahaan otomotif yang memproduksi elektrik Vechicle di Indonesia
  • Menjalin kerjasama dengan perusahaan – perusahaan biomedical serta alat kesehatan
  • Mendorong penerapan green ekonomi secara bertahap seperti negara Korea
  • Melibatkan pemerintah dan swasta  dalam riset seputar bioteknologi, bioinformatic, information and Communications technology (ICT) hingga nano teknologi.

Melihat jurus-jurus diplomasi yang akan dilakukan oleh Pak Sulis, saya optimis kedepannya Pak Sulis dapat menjalankan tugas sebagai Dubes RI untuk Republik Korea berjalan dengan lancar. Dan semoga hubungan bilateral Indonesia dan Korea Selatan terus berjalan baik kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

January 2022
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31