Categories
Event

Zakat adalah ibadah dalam bidang harta yang mengandung hikmah dan manfaat yang sangat besar dan mulia, baik yang berkaitan dengan orang yang berzakat (muzakki), penerimanya (mustahik) harta yang dikeluarkan zakatnya maupun bagi masyarakat keseluruhan. Mengelurkan zakat sendiri memliki banyak maanfaat antara lain.

Pertama, sebagai perwujudan keimanan kepada Allah SWT mensyukuri nikmat-Nya, menumbuhkan akhlak mulia dengan rasa kemanusiaan yang tinggi, menghilangkan sifat kikir, rakus dan materialistis, menumbuhkan ketenangan hidup, sekaligus membersihkan dan mengembangkan harta yang dimiliki.

Kedua, zakat merupakan hak mustahik, maka zakat berfungsi untuk menolong, membantu dan membina mereka terutama fakir miskin ke arah kehidupan yang lebih baik dan lebih sejahtera, sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan layak, dapat beribadah kepada Allah SWT, terhindar dari kekufuran, sekaligus menghilangkan sifat iri, dengki dan hasad yang mungkin timbul dari kalangan mereka ketika mereka melihat orang kaya yang memiliki harta cukup banyak.

Zakat bukanlah sekedar memenuhi kebutuhan para mustahik terutama fakir miskin yang bersifat komsumtif dalam waktu sesaat, akan tetapi memberikan kecukupan dan kesejahteraan kepada mereka dengan cara menghilangkan ataupun memperkecil penyebab kehidupan mereka menjadi miskin dan menderita.

Mengingat akan pentingnya zakat dan potensi dari zakat yang sangat besar Forum Zakat (FOZ) menyelenggarakan Indonesia Giving Fest – Zakat Expo yang berlangsung di Tennis Indoor Senayan mulai tanggal 23 – 24 Desember 2022 yang diikuti oleh 199 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Anggota Forum Zakat (FOZ) dari seluruh Indonesia.

Tujuan pertama dari Indonesia Giving Fest – Zakat Expo adalah untuk mengangkat eksposur berbagai produk lembaga zakat dan para amil terbaiknya melalui berbagai program unggulan. Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 ini juga ingin mengajak masyarakat untuk lebih dalam lagi mengenal lembaga zakat dan dampak yang telah dilakukan dari hasil pengelolaan dana zakat yang telah disalurkan melalui lembaga zakat.

Tujuan berikutnya dari Indonesi Giving Fest – Zakat Expo adalah diharapkan mampu menjadi wadah interaksi bagi masyarakat dan OPZ selaku orgnisasi pengelola zakat secara langsung. Selama ini sesama lembaga zakat hanya bertemu dalam sebuah forum dan kegiatan lembaga pengelola zakat tertentu saja akan tetapi melalui kegiatan Indonesia Giving Fest – Zakat Expo semuanya bisa saling melihat dan saling mengukur produk yang telah dihasilkan. Tentunya ini bisa meningkatkan kualitas dari produk-produk lembaga zakat satu sama lain. Sehingga bisa meningkatkan rasa percaya masyarakat yang telah menyalurkan zakatnya melalui OPZ yang telah dipilih.

Aktivitas Yang Ada di Zakat Expo

Acara pembukaan Indonesia Giving Fest dimulai pukul 13.00 dibuka dengan penampilan tari saman dari siswa SMART Ekselensia Indonesia. Indonesia Giving Fest kali ini bertema “ The Superb Beginning of Zakat  Expo 2022” diresmikan oleh  Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Bimas Islam Kemenag RI, Bapak Drs. Tarmizi Tohor, MA.

Ada sekitar 55 booth yang mengikuti Zakat Expo kali ini, disini para pengunjung dapat eksplordan berinteraksi langsung dalam berbagai program zakat yang ada di tiap-tiap lembaga zakat yang ikut berpartisipasi di Zakat Expo. Di sini pengunjung dapat langsung mendapatkan informasi secara jelas untuk pengelolaan zakat serta penyalurannya.

Banyak sekali kegiatan yang dilakukan di booth-booth lembaga zakat di sana, ada yang live donation, gebyar sembako dan lain-lain. Selain itu ada juga cek kesehatan gratis, mencoba berbagai games dan mencicipi makanan serta ,minuman yang dibuat oleh masyarakat pemberdayaan zakat. Serta ada Talkshow dan seminar yang menghadirkan berbagai narasumber, selain itu pengunjung juga dapat melakukan  donasi lewat konser amal yang menampilkan  Music of Humanity, Puisi untuk Negeri.

Dan di Era teknologi seperti sekarang ini, penyaluran zakat pun jadi semakin mudah dengan melalui transfer, di sanapun sudah disediakan QR Code yang mengarahkan langsung ke rekening resmi pengelola zakat. Jadi lebih mudah dan praktis kan??

Zakat Awards

Yang tidak kalah menarik adalah di acara Indonesia Giving Fest ini juga menampilkan para juara Zakat Award yang diikuti oleh para OPZ dan sebelumnya sudah dilakukan penilaian dari berbagai aspek tentunya. Dan dari sekian banyak peserta akhirnya terpilih pemenangnya dari berbagai kategori, diantaranya :

    • Kategori OPZ Skala Kabupaten/Kota
    • Kategori OPZ Skala Provinsi
    • Kategori OPZ Skala Nasional

Semoga Zakat Awards ini dapat memacu para OPZ  dalam Gerakan zakat yang mereka lakukan dan meningkatkan kontribusinya lewat berbagai program yang telah dibuat.

Zakat memiliki peranan yang sangat strategis dalam upaya pengentasan kemiskinan atau pembangunan ekonomi. Berbeda dengan sumber keuangan untuk pembangunan yang lain, zakat tidak memiliki dampak balik apapun kecuali ridha dan mengharap pahala dari Allah semata. Namun demikian, bukan berarti mekanisme zakat tidak ada sistem kontrolnya.

Nilai strategis zakat dapat dilihat melalui:

    • Pertama, zakat merupakan panggilan agama. Ia merupakan cerminan dari keimanan seseorang.
    • Kedua, sumber keuangan zakat tidak akan pernah berhenti. Artinya orang yang membayar zakat, tidak akan pernah habis dan yang telah membayar setiap tahun atau periode waktu yang lain akan terus membayar.
    • Ketiga, zakat secara empirik dapat menghapus kesenjangan sosial dan sebaliknya dapat menciptakan redistribusi aset dan pemerataan pembangunan.

Ayo kita sama-sama berzakat dan tunaikan zakat kita melalui lembaga zakat yang terpercaya agar penyelurannya tepat sasaran kepada yang benar-benar berhak untuk menerimanya, agar semakin yakin kepada lembaga mana yang akan kita tuju, ayo kita bersama-sama hadir di Indonesi Giving Fest – Zakat Expo yang yang diikuti oleh 199 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Anggota Forum Zakat (FOZ) dari seluruh Indonesia sehingga membuat kita semakin aman dan nyaman dalam menunaikan zakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

mama daring

komunitas sahabat blogger

kumpulan emak blogger