Categories
Event

Zakat diyakini bisa membersihkan diri dari berbagai sifat buruk seperti sifat iri hati, dengki, sirik, sombong dan masih banyak lagi. Zakat juga bisa mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dan mempererat tali persaudaraan sesama umat muslim. Sebagai bentuk peran zakat khususnya di Negara Indonesia, di tengah permasalahan ekonomi yang kurang sehat, zakat, infaq dan sadaqah muncul menjadi instrument dalam pembangunan ekonomi dan menjadi prioritas pengentasan kemiskinan umat didesa maupun di kota.

Umat islam memiliki suatu kewajiban untuk menunaikan zakat. Zakat adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh seseorang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya. Zakat terbagi menjadi dua jenis, yakni zakat fitrah dan zakat mal atau zakat harta. Sebagai salah satu rukun islam, zakat ditunaikan untuk diberikan utamanya kepada golongan fakir miskin yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya.

Zakat merupakan salah satu instrumen keuangan sosial syariah yang memiliki peranan penting dalam pemulihan ekonomi nasional. Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia yakni sebanyak 87,2% dari total penduduk, Indonesia diperkirakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mempunyai potensi zakat yang mencapai Rp327 triliun.

Sebagaimana lumrahnya, Indonesia sebagai negara yang berpenduduk mayoritas Islam memiliki potensi yang besar dari segi penerimaan pajak melalui zakat. Mengingat akan besarnya potensi zakat yang begitu besar bertepatan pada hari Rabu 21 Desember 2022 Forum Zakat mengadakan diskusi Ruang Tengah dengan tema ‘Showing Impact of Giving’ di Jakarta.

Diskusi Ruang Tengah ini juga akan menjadi pengantar dari pagelaran Indonesia Giving Fest – Zakat Ekspo 2022 yang akan dilaksanakan pada 23 – 25 Desember 2022 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Festival ini melibatkan 199 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) anggota Forum Zakat (FOZ) dari 31 provinsi dan setidaknya melibatkan 6.692.000 donatur ini menargetkan sekitar 15.000 pengunjung dalam 3 (tiga) hari perhelatan.

Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 akan menampilkan beragam pameran (expo), kajian, konferensi, networking session, social empowerment competition, live donation dan charity concert yang dikemas dalam sebuah event ini mengundang tokoh, public figure, artis, KOL yang senang berbagi untuk saling sharing terkait pengalaman berbagi.

Selain itu, akan ada Zakat Award yaitu ajang penghargaan bagi program Zakat dengan portfolio terbaik dari (Organisasi Pengelola Zakat) OPZ Anggota FOZ (Forum Zakat) di seluruh Indonesia yang telah memberikan kontribusi dan solusi nyata untuk menjawab tantangan pembangunan masyarakat dan pengentasan masalah kemiskinan di Indonesia

Hal yang terpenting dalam sebuah manajemen zakat ialah membuat dana zakat muzakki sebagai pemberi dan mustahik sebagai penerima menjadi optimal dan proses pengumpulan dana (fundraising) menjadi kegiatan yang sangat penting dalam rangka penghimpunan dana umat Islam dan sumberdaya dana umat Islam lainnya baik individu, kelompok organisasi, perusahaan, maupun pemerintah dapat digunakan untuk membiayai program dan kegiatan operasional organisasi sehingga dapat mencapai tujuan secara kelembagaan.

Inilah yang menjadi daya tarik bagi zakat sejak dahulu hingga sekarang dengan tetap mengacu bahwa Islam merupakan agama yang universal dan berlaku untuk semua ruang dan waktu. Islam mengandung ajaran-ajaran yang mengatur hubungan dengan Allah Swt dan mengatur hubungan manusia dengan sesamanya. Salah satu ajaran tersebut adalah Zakat, karena dengan menunaikan zakat dapat ikut membantu dan menolong kaum yang berekonomi lemah serta bisa memberantas kemiskinan.

Ayo kita sama-sama menghadiri dan menebar manfaat di Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 yang akan dilaksanakan pada 23 – 25 Desember 2022 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Jadi tunggu apalagi buat yang mau datang ke Indonesia Giving Fest – Zakat Expo bisa langsung ke indonesiagivingfest.com karena tiketnya gratis, yuk disegerakan karena berbagi dan memberi utuk sesama itu adalah hal yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

mama daring

komunitas sahabat blogger

kumpulan emak blogger