Pentingnya Pertolongan Pertama Pada Saat Kecelakaan Di Rumah

18 September 2021PapiBunda

Assalamualikum..

Halo moms.. apa kabar? Semoga selalu sehat ya bersama keluarga di rumah. Selama pandemi ini tentu kegiatan sangat terbatas ya mom, apalagi anak-anak yang masih belum bebas untuk keluar rumah.

Tentu selama 1,5 tahun pandemi banyak kebiasaan baru yang harus dilakukan ya mom seperti semua kegiatan hampir dilakukan di rumah. Dari mulai bermain sampai sekolah pun dilakukan di rumah.

Oiya..mom pernah gak si ngalamin kecelekaan kecil di rumah?? Meskipun di rumah aja kadang ada aja kecelakaan kecil yang terjadi. Seperti beberapa waktu lalu Abanng Airlangga jatuh saat main lari-larian di halaman rumah dan bikin dengkulnya berdarah.

Duh..namanya anak laki ya moms kadang tuh suka kebanyakan energinya padahal udah dingetin tapi tetep aja kecolongan. Yang namanya Ibu pasti panik kalau anaknya luka, apalagi kalau lukanya sampai ngeluarin banyak darah pasti  bingung apa yang harus dilakukan.

Alhamdulilahnya..minggu kemarin saya berkesempatan mengikuti webinar dalam rangka memperingati Hari Pertolongan Sedunia yang jatuh pada Minggu kedua setiap bulan September. Hansaplast First Aid Conference 2021 bertujuan untuk mengkapayekan pentingnya persiapan dan implementasi pertolongan pertamauntuk menangani kecelakaan kecil yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Dalam acara ini Hansaplast juga berkomitment untuk melindungi keluarga Indonesia dengan merayakan hari Pertolongan Pertama Sedunia dalam sebuah kampaye. Dalam acara webinar tersebut dihadiri oleh dr. Adisaputra Ramadhinara ( Certified Wound Specialist Physician) , Allana Alia Hannantyas ( Brand Manager Hansaplast) dan Nirina Zubir ( Mom Influencer ).

dr. Adisaputra Ramadhinara mengatakan   bahwa kita jangan menyepelekan pertolongan pertama pada luka agar tidak terjadi infeksi akibat debu dan kotoran sehingga proses penyembuhan luka cepat terjadi. Selain itu, di rumah kita wajib memiliki kotak P3K dan kita sebagai orang tua juga disarankan agar mempunyai pengetahuan tentang penanganan luka di rumah.

Nah..untuk menangani luka, ini dia langkah-langkahnya :

  • Membersihkan luka

Jika terjadi luka hal pertama yang harus kita lakukan adalah membersihkannya dengan air mengalir atau dengan cairan yang mengandung antiseptik yang tidak merusak jaringan kulit. Ingat jangan pakai alkohol ya moms karena dapat merusak jaringan kulit.

  • Memberikan salep luka

Setelah luka selesai dibersihkan lalu oleskan luka dengan salep luka, olesan salep ini bertujuan agar cepat terbentuknya jaringan baru.

  • Menutup luka

Setelah dibersihkan dan diolesi oleh salep luka kemudian luka ditutup. Pernutupan luka ini bertujuan agar luka tidak terkontaminasi dengan bakteri dari luar.

Gimana moms,sudah benar belum selama ini dalam menangani luka? Jika terjadi luka pastikan kita tidak panik ya moms, usahakan tetap tenang agar bisa mengobati luka dengan baik.

Selain itu kita juga wajib punya kotak P3K di rumah moms yang isisnya , plester, salep luka, spray antiseptik. Dan jangan lupa simpan kotak P3K di tempat yang terlihat ya moms agar mudah mencarinya.

Tak lupa Nirina  Zubir membagikan pengalamannya selam di rumah aja, memiliki anak-anak yang aktif tentu tak luput dari cedera yang sering dialami anak-anaknya. Oleh karena itu pertolongan pertama sangatlah penting dilakukan agar luka tidak semakin parah.

Dan dalam rangka memperingati Hansaplast Frist Aid Day 2021, Hansaplast memberikan 500 Kotak Perlengkapan  Pertama untuk 500 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia. Wow.. keren banget yaa 😉

Dengan memiliki pengetahuan tentang pertolongan pertama mengatasi dan merawat luka semoga kita bisa secara mandiri dalam menangani luka kecil ya moms, dan jangan lupa sediakan kotak P3K di rumah ya moms

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!