Manfaat Apa Saja Saat Memeluk Anak

Salah satu cara menunjukkan perasaan cinta dan kasih sayangĀ kepada anak adalah dengan memeluknya. Tapi makna pelukan tidak hanya ituĀ lho,Ā Bun. Sering memeluk Si Kecil ternyata bermanfaat untuk kesehatannya. Mau tahu apa saja manfaat memeluk anak?Ā Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Jangan langsung menganggap Si Kecil sebagai anak yang manja ya, Bun, bila ia sering mintaĀ dipelukĀ atau memeluk Bunda. Bagi anak, tidak ada tempat yang paling nyaman selain dalam pelukan ibunya.

Inilah Manfaat di Balik Memeluk Anak

Ketika Si Kecil merasa sedih, kecewa, takut, atau marah, pelukan Bunda bisa menghilangkan semua perasaan tersebut. Meski terdengar sepele, sering memeluk anak dipercaya bermanfaat bagi kesehatan psikis dan fisiknya.

Berikut adalah beragam manfaat memeluk anak:

1. Meminimalkan produksi hormon kortisol

Saat stres dan merasa tertekan, tubuh akan melepaskanĀ hormon kortisolĀ atau hormon stres. Anak-anak belum bisa mengatur dan mengontrol emosinya dengan baik, sehingga suasana hatinya yang tidak menentu bisa meningkatkan produksi hormon ini.

Tingginya jumlah hormon kortisol dalam tubuh bisa menyebabkan anak sulit tidur, susah berkonsentrasi, mengalami kenaikan berat badan, serta menjadi tidak berenergi dan tidak bersemangat.Ā Nah, dengan sering berpelukan, Si Kecil bisa terbebas dari berbagai dampak hormon stres iniĀ lho, Bun.

2. Mengurangi perasaan cemas dan stres

Saat berpelukan, tubuh melepaskanĀ hormon oksitosinĀ yang bisa membuat anak merasa tenang, bahagia, dan juga nyaman. Pelukan mampu memperbaikiĀ mood-nya serta mengurangi perasaan cemas danĀ stresĀ pada anak. Manfaat ini tidak hanya dirasakan oleh Si Kecil, namun juga pada Bunda,Ā lho.

3. Menjaga kesehatan jantung

Hormon oksitosin yang dilepaskan tubuh saat berpelukan juga berdampak pada tekanan darah anak. Anak-anak yang sering mendapatkan pelukan dari orang terkasih bisa memiliki tekanan darah yang stabil, dan hal ini baik untuk kesehatan jantungnya.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Pelukan juga dipercaya dapat meningkatkan daya tubuh anak. Dengan berpelukan, gejala pada penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti flu, bisa lebih cepat membaik.

5. Mengurangi rasa sakit

Pelukan bisa meredakan rasa sakit yang dialami anak. Selain itu, sering memeluk anak juga bisa membuat pernapasannya lebih lancar, sehingga sirkulasi dan suplai oksigen ke berbagai jaringan tubuhnya baik.

6. Menjalin ikatan antara ibu dan anak

Sering memeluk anak juga bisa mempererat ikatan emosional dengan anak. Bahkan, banyak dokter yang menganjurkan ibu untuk segera memeluk atau melakukan kontakĀ skin-to-skinĀ dengan bayinya yang baru lahir. Dengan cara ini, bayi baru lahir akan lebih cepat belajar menyusu, lebih jarang rewel atau menangis, dan tidak sulit tidur.

7. Merasa dicintai dan selalu didukung

Melalui pelukan, Si Kecil akan merasa lebih dicintai, dilindungi, didukung, dan diperhatikan oleh Bunda.

Sebenarnya, tidak ada anjuran seberapa banyak ibu harus memeluk anak per harinya. Namun, bila Bunda ingin Si Kecil merasa nyaman, tidak mudah stres, dan lebih sehat, jangan ragu untuk sering-sering memeluknya, ya. Jadi, sudahkan Bunda memeluk Si Kecil hari ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like