10 Tips Mudik Aman, Sehat, dan Selamat Sampai Tujuan

1 June 2019PapiBunda

Assalamualikum moms.. gimana kabarnya semoga sehat selalu yaa??

Gak kerasa ya sudah menjelang akhir ramadan, pasti moms sudah mulai sibuk mempersiapkan kebutuhan buat hari raya nanti. Baju lebaran, kue kering, THR buat sanak saudara semua pasti udah disipain kan moms :), kalau yang lebarannya gak mudik mungkin gak terlalu repot kaya yang mudik ya mom?? Alhamdulilah..saya selalu kebagian jagain kota Jakarta setiap lebaran tiba heheh.. jadi gak terlalu repot dengan persipan mudik.

Mudik ke kampung halaman di saat hari raya Idul Fitri, memang sudah menjadi tradisi masyarakat yang ada di Indonesia. Karena pada hari raya saatnya berkumpul dan bercengkrama bersama sanak saudara yang pada saat hari biasa tidak bisa berjumpa. Nah.. di momen hari rayalah saatnya kita bisa berlebaran bersama.

Sebelum mudik, tentu banyak hal-hal yang harus dipersiapkan ya moms agar perjalanan menuju kampung halaman lancar dan selamat sampai tujuan. Jangan sampai niat kita bersilatuhrahmi denagan sanak saudara pupus karena persiapannya kurang maksimal. Apa aja sih yang harus dipersiapkan ketika mau mudik ke kampung halaman?

Selasa, 28 mei 2018 kemarin saya bersama teman-teman blogger berkesempatan hadir di acara “Ngabuburit Sehat Bareng Menkes dan Menhub” dengan tema “Mudik Aman, Selamat, Sehat Sampa Tujuan”. Ngabuburit seperti ini rutin di adakan oleh Menkes dan Menhub untuk menberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat melakukan mudik yang aman dan nyaman tentunya.

Acara ngabuburit kemarin dilaksanakan di Stasiun Gambir, dimana sudah banyak dipadati pemudik di H -7 lebaran.  Acara ini sangat bermanfaat sekali untuk para pemudik, karena banyak sekali tips-tips yang dibagikan oleh Kemenkes dan Kemenhub agar perjalan mudik kita aman, sehat dan selamat sampai tujuan. Hadir juga Mas Fitra seorang influencer otomotif yang juga berbagi tips aman mudik dengan kendaraan pribadi.

Ibu Nila Moeloek, Menteri Kesehatan RI juga berpesan agar masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman agar mempersipakan diri dengan baik. Kementrian kesehatan setiap tahunnya selalu menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan khusus untuk para pemudik. Pelayanan kesehatan ini tersebar di sepanjang jalur mudik di seluruh Indonesia.

Tips Mudik Aman, Sehat, dan Selamat Sampai Tujuan

  1.  Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik

Sebelum mudik tentu persipan fisik yang sehat dan prima sangat penting ya moms. Perjalanan mudik yang memakan waktu yang lama sangat dibutuhkan fisik yang prima agar samapai kampung halaman fisik tetap fit dan fresh.

2. Periksa kondisi kelayakan kendaraan

Buat moms yang mudik memkai kendaraan pribadi, sebaiknya seminggu sebelum berangkat mudik kendaraan sudah melakukan service terlebih dahulu di bengkel resmi kendaraan yang moms miliki. hal ini sangat penting di lakukan agar perjalanan mudik kita aman dan nyaman.

3. Jangan paksakan mengemudi bila lelah dan mengantuk

Nah..ini juga gak kalah penting ya moms, jangan sampai gara-gara mengantuk terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Menurut Mas Fitra jika pergi dengan jarak 200 KM sebaiknya membawa supir tambahan agar bisa bergantian menyetir. Kalaupun tidak bergantian, sebaiknya istirahat setiap 4 jam perjalanan.

4. Disiplin dan patuhi rambu lalu lintas

Selama di perjalanan sebaiknya pengemudi mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang berlaku, jika belum paham sebaiknya pelajari terlebih dahulu rambu-rambu lalu lintas yang ada agar perjalanan mudik nyaman. Dan yang tidak kalah penting, kendalikan kecepatan kendaraan terutama pad kondisi rusak atau bergelombang, saat hujna dan cuaca buruk. Dan jangan sampai kendaraan yang ditumpangi melebihni muatan ya moms karena itu juga berbahaya.

5. Gunakan masker dan lindungi diri dari asap, debu dan polusi

Buat moms yang mudik memkai kendaraan roda dua, jangan lupa memakai masker demi kesehatan diri kita sendiri. Gak mau kan pas sampai kampung halaman malah sakit karean tercemar debu dan polusi.

6. Bawalah bekal makanan yang tidak cepat basi

Setiap moms pasti juga sudah persiapan bawa bekal untuk di jalan kan, apalagi kalo mudik membawa anak bekal udah pasti gak pernah ketinggalan. Sebaiknya membawa bekal yang tidak cepat basi ya moms, seperti biskuit, roti, buah-buahan atau olahan masakan yang praktis dan awet.

7. Cucilan tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum dan sesudah makan

Jangan lupa cuci tangan ya moms sebelum dan sesudah makan, karena ini hal yang kadang suka kelewat tapi memiliki efek yang gak ringan. Untuk memudahkan moms bisa sedia tissu basah atau handsanitizer yaa.

8. Konsumsi makanan dan minuman yang bersih dan sehat

Selama perjalan mudik asupan makana dan minuman juga harus diperhatikan ya moms, jangan sampai makan dan minum sembarangan. Kalau terpakas membeli di jalan, pilihlah penjual makanan dan minuman yang bersih ya moms. Oiya.. jangan mudah menerima makanan dan minuman dari orang yang tidak dikenal ya moms untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

9. Tidak menggunakan gadget saat berkendara

Saat berkendara tentu membutuhkan konsentrasi yang tinggi. jangan sampai saat berkendara nanti sambil menggunakan handphone ya moms tentu itu sangan berbahaya sekali. Jika terpaksa sekali harus menerima telepon / menggunakan handphone lebih baik memakai headset atau berhenti sejenak untuk menggunakan handphone setelah selesai dapat melanjutkan perjalanan kembali.

10. Bila sakit manfaatkan pos kesehatan terdekat

Jika moms sudah merasa kelelahan atau kurang enak badan, moms nisa memfaatkan pos-pos kesehatan terdekat untuk sekedar beristirahat atau meminta pertolongan pertama dari petugas kesehatan yang ada. layana kesehatan yng di sedikan oleh Kemenkes di sepanjang jalur mudik dapat di dapatkan secraa gratis oleh para pemudik. jadi jangan sungkan-sungkan untuk mampir ke pos layanan kesehatan jika ada keluhan ya moms.

Itulah beberapa tips mudik yang bisa saya bagikan moms, semoga tip mudik sehat, aman dan selamat sampai tujuan bisa bermanfaat buat moms dan keluarga. selamat mudik dan selamat berkumpul dengan keluarga tercinta.

Selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri dan mohon maaf lahir dan batin yaa :).

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: