DBD Bikin Baper ?? Yuk..Kenali Gejala dan Pencegahannya

19 February 2019PapiBunda

Haaii…Moms šŸ™‚ . Akhir – akhir ini ramai di beritakan makin banyak saja korban jiwa akibat Demam Berdarah Dengue (DBD), walaupun sekarang sudah memasuki bulan februari tetapi intensitas hujan di beberapa daerah masih saja tinggi. Di musim penghujan seperti ini umur nyamuk rata – rata lebih panjang karena memiliki kelebaban dan suhu optimum bagi nyamuk untuk berkembang. Inilah yang menjadi pemicu meningkatnya jumlah penderita di musim hujan. Seperti yang kita ketahui virus DBD berasal dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti.Ā 

Beberapa waktu yang lalu, saya bersempatan hadir di acara “Meet Up Healthies! DBD Bikin Baper” yang di selenggarakan oleh Kementrian RI di Kartorkuu Coworking & Office Space, Agro Plaza Kuningan. Hadir sebagai narasumber dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid ( Direktur Pencegahan dan pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, Kemenkes RI ) ,Ā  dr. Gia Pratama (Ā  Influencer ) . Ibu menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K) pun turut hadir berbicara seputar hidup sehat dan DBD.

Kenali Gejala dan Pencegahan DBD

Demam Berdarah Dengue ( DBD ) termasuk salah satu penyakit yang mengkhawatirkan, banyak sekali korban jiwa karena para pasien terlabat di tangani. Gejala penyakit ini memang agak sulit di deteksi secara kasat mata. Biasanya penderita akan mengalami demam tinggi, lemas, nafsu makan berkurang, nyeri pada otot, sakit kepala , mual hingga muntah. Jika mengalami demam lebih dari 3 hari sebaiknya di lakukan tes darah di laboraturium.

Di musim penghujan seperti saat ini kita harus lebih waspada lagi, bukan hanya nyamuknya yang harus di hindari tetapi sarang nyamuknya juga harus di berantas tuntas. Apalagi buat para ibu yang memiliki anak kecil harus lebih aware lagi terhadap tempat – tempat yang di senangi oleh nyamuk untuk berkembang biak.

Nyamuk Aedes Aegypti ini senang sekali bertelur di tempat – tempat yang lembab, seperti bak mandi, tampungan air, tempat penampungan air yang ada di lemari es, di tempat gelap , di pakaian- pakaian yang menggantung.

Pencegahan DBD

Sering kita mendengar orang bilang bahwa sehat itu mahal tetapi kenyataannya sakit itu lebih mahal loh moms, oleh karena itu melakukan pencegahan jauh lebih baik sebelum penyakit itu datang menghampiri. Seperti yang di jelaskan oleh dr. Nadia pencegahan yang bisa kita lakukanĀ  untuk Demam Berdarah Dengue ini adalah dengan cara 3M, yaitu :

  • Menguras , kita harus sering membersihkan tempat – tempat penampungan air yang dapat menjadi tempat nyamuk untuk bertelur seperti bak mandi, tempat penampungan air minum (dispenser), penampungan air yang ada di lemari es, ember dan lain – lain.
  • Menutup, selain membersihkan kita juga harus menutup rapat – rapat tempat penampungan air seperti, toren, bak mandi, ember yang berisi air, tempayan agar nyamuk tidak bisa masuk dan bertelur.
  • Mendaur Ulang, dan yang terakhir bukan mengubur ya moms tetapi mendaur ulang atau memanfaatkan kembali barang – barang bekas yang berpotensi sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti penyebab Demam Berdarah Dengue.

Selain melakukan gerakan 3M, pencegahan Demam Berdarah Dengue juga bisa di lakukan dengan gerakan Jumantik ( Juru Pemantau Jentik ) yang bertugas untuk memeriksa jentik nyamuk, atau dengan menanam tanaman yang wanginya gak di sukai oleh nyamuk Demam Berdarah Dengue sepertiĀ bunga tahi kotok, lavender, kayu putih, kemangi, bunga kenanga, serai, bunga tembelekan, bunga zodia, bunga krisan.

Oiya.. sebenernya apapun penyakitnya kalau daya tahan tubuh kita kuat, insya allah penyakit tidak datang. Seperti yang di tuturkan oleh dr.Gia Pratama, yang membahas tentang kesehatan ala anak muda jaman sekarang hee.. . Ada 2 sikap yang di lakukan para milenials yang merusak kesehatan yaitu meremehkan dan ketakutan. 2 hal ini terjadi akibat ketidaktahuan mereka tentang kesehatan.

Tubuh kita memiliki Triliunan sel yang memiliki tugasnya masing – masing dan juga setiap harinya ada 600 juta sel yang mati. Sel – sel di tubuh kita akan beregenerasi jadi jangan khawatir yaa… :). Untuk menjaga kesehatan tubuh kita sebenarnya kita hanya perlu olahraga teratur dan menjaga pola makan. “You Are What You Eat” yaap.. begitulah kira – kira kata- kata yang pas buat menggambarkan diri kita nantinya. Kalau kita mulai sekarang menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan seimbang, perbanyak sayur mayur dan buah- buahan tentu nantinya insya allah kita akan terhindar dari berbagai penyakit karena sistem imun kita yang bagus. Tetapi kalu sekarang kita tidak menjaga pola makan atau makan sembarangan , nantinya mungkin bisa saja kita terkena penyakit – penyakit akibat apa yang kita konsumsi saat ini.

Nah.. begitupun dengan Demam Berdarah Dengue, selama daya tahan tubuh kita kuat insya allah virus dari nyamuk aedes aegypti gak gampang menyerang. Sekarang udah gak baper lagi kan ?? setelah udah tau lebih dalam tentang Demam Berdarah Dengue šŸ™‚ . Yukk.. kita hidup lebih sehat ya moms, Jangan lupa Olahraga dan Jaga Pola Makan :). Keep Healthy Moms…..

Comments (1)

  • Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

    21 February 2019 at 12:26 am

    Iya nih sekarang agak seram karena memang beberapa rumah sakit sekarang tuh lagi penuh sama pasien DBD. Kalau dirumahku yang lagi digalakan selain 3M adalah pembuatan Larvitrap ini karena memang sangat berguna sekali.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: